top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Block Situs Dengan Address List

Nah, di lab ini kita akan memblokir suatu situs dengan menggunakan Address List di Firewall. Kita harus memastikan router kita telah terhubung ke internet.


Misalnya, kita ingin memblokir Kompas.com. Caranya pertama-tama, kita perlu mencari alamat IP Kompas.com di Terminal dengan mengetikkan nslookup kompas.com.

kita sudah mengetahui IP dari Kompas dan jangan lupa untuk meng-copy IP yang pertama.


Setelah itu, kita menuju ke Winbox dan masuk ke IP > Firewall > Address Lists. Tambahkan yang baru, dengan mengisi address hasil copy alamat IP yang pertama.

isi Name yang sesuai dengan website yang ingin kita block. Tekan Apply dan Ok apabila sudah.


Selanjutnya kita lakukan yang kedua kalinya, dengan mempaste hasil dari Terminal PC kita yang kedua, karena IP dari Kompas ada 2.

tekan Apply dan OK apabila sudah selesai.


Kita bisa menambahkan comment.

Ini bertujuan agar kita bisa membedakan mana yang ingin kita pilih dengan yang lainnya. Sebenarnya, ini tidak wajib untuk dilaksanakan, tetapi agar lebih terlihat rapi, maka saya menambahkan comment.


Setelah itu, kita menuju ke Filter Rules, tambahkan yang baru. Lalu, masuk ke menu Advanced. Pilih Dst. Address-nya dengan tadi Address List yang telah kita buat, yaitu kompas.com.


Lalu, kita menuju ke menu Action, dan gantilah Action-nya menjadi drop.

Tekan Apply dan Ok apabila sudah selesai.


Nah, dengan ini Kompas tidak bisa terbuka karena sudah di-drop oleh router kita bagi yang mengakses internet melewati router kita.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page