top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Membuat Rule Mangle

Di lab ini kita akan membuat Rule Mangle. Mangle berfungsi sebagai penanda paket (Marker) yang keluar dan masuk router. Disini saya menggunakannya untuk queue marking.


Sebelum memulai lab, jangan lupa untuk menghubungkan router kita ke internet dan dijadikan AP.


MANGLE UNTUK NEW CONNECTION MARKING

Pertama-tama, kita akan membuat Rule Mangle yang berfungsi sebagai menandai koneksi baru yang dibuat oleh klien. Masuklah ke menu IP > Firewall > Mangle, dan tambahkan yang baru. Gantilah Chain-nya menjadi prerouting (traffic yang akan masuk ke router). Disini saya berniat untuk mentargetkan semua klien yang terhubung ke router melalui VAP. Gantilah In. Interface-nya (yang mengarah ke klien)menjadi wlan2 (otomatis muncul saat kita telah membuat VAP).


Lalu, kita masuk ke menu Action, gantilah Action-nya menjadi mark connection, dan isi (terserah) New Connection Mark dengan nama Clien. Dan jangan lupa untuk mencentang Passthrough.

tekan Apply dan Ok setelah selesai.


MANGLE UNTUK UPLOAD

Masuklah ke IP > Firewall > Mangle, dan tambahkan yang baru. Gantilah Chain-nya menjadi prerouting, ganti In. Interface-nya menjadi wlan2 (yang mengarah ke klien), pilih Connection Mark dengan rule tadi yang telah kita buat, yaitu yang bernamakan Client.


Lalu, kita masuk ke Action, dan gantilah dengan mark packet, dan isi New Packet Mark (terserah) dengan nama, disini saya memberikan nama Packet_Upload. Dan hilangkan centang dari Passthrough.


MANGLE UNTUK DOWNLOAD

Masuk ke menu IP > Firewall > Mangle, dan tambahkan yang baru. Gantilah Chain-nya menjadi prerouting, ganti juga In. Interface-nya menjadi wlan1 (interface yang mengarah ke internet), dan juga gantilah Connection Mark-nya menjadi Client.


Lalu, masuklah ke Action, ganti Action-nya dengan mark packet, dan beri nama (terserah) pada New Packet Mark, disini saya memberikan nama Packet_Download, dan juga jangan lupa hilangkan centang pada Passthrough.


Jika kita telah membuat 3 rule mangle tersebut, maka maka traffic upload dan download akan tercatat.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Commenti


bottom of page