top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Mengakses Router Mikrotik

Jika ingin untuk mengadministrasi MikroTik RouterOS, tentu diperlukan alat bantu atau tool untuk mengakses MikroTik atau remote.


1. Winbox Adalah aplikasi kecil yang dapat digunakan untuk melakukan administrasi terhadap MikroTik RouterOS dengan cepat dan berpenampilan GUI. Winbox dapat digunakan pada Linux, MacOS, dan Windows. Winbox bisa menggunakan IP address, MAC address, dan domain untuk masuk kedalam RouterOS.

2. Webfig Cara lain untuk mengakses MikroTik RouterOS adalah dengan melewati web browser. WebFig bisa menggunakan IP address, dan domain untuk masuk kedalam RouterOS.

3. CLI (Command Line Interface) Cara ini bisa dibilang hanya untuk user yang sudah expert (ahli), dan sangat jarang sekali digunakan oleh orang. CLI (Command Line Interface) bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi dan mememecahkan masalah pada RouterOS. Jika ingin mengakses mikrotik dan menggunakan CLI, maka diperlukan sebuah software atau tool, seperti SSH dan Telnet. Perintah-perintah di CLI lebih lengkap dibandingkan dengan Winbox.


13 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page