top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

MikroTik OSPF Virtual Link

Pada lab ini, kita akan mempelajari Virtual Link pada OSPF, apa itu? Virtual Link berfungsi untuk menghubungkan area OSPF yang tidak langsung terhubung dengan area 0/backbone, karena OSPF menggunakan sistem area. Dari namanya, kita bisa mengetahui artinya adalah "Link Virtual" yang mana nantinya kita akan membuat link virtual untuk keperluan tadi diatas. AHHH, dah ngga usah bingung, intinya untuk menghubungkan area OSPF yang tidak terhubung langsung dengan Area 0. ( ̄Д ̄

Pusing kan? ngga koq! cuman beda warna2 aja yang bikin pusing. Daripada bahas itu, mending langsung di konfigurasi OSPF berdasarkan area-areanya masing-masing yang sesuai. Disini saya menambahkan interface loopback sebagai router-id si router-nya, as you know that loopbacks never die.


Setelah selesai, kita lihat tabel routing di R1, seperti apa ya...

Lho koq ngga ada network 40.x/44 sich? Ngga usah panic! Ini cuman karena si network 40.x/24 tidak menempel (berdekatan dengan area backbone, ~sedekat hatimu dengan waifumu. HALU!). Oleh karena itu, Area3 masih berjauhan dari Area0 dan tidak ada benang yang menghubungkan antara mereka berdua, macam Taki dan Mitsuha di Kimi No Na Wa hehe.


Nah, dari sini, kita akan membuat link virtual (virtual link) di R2 dan R3. Fungsinya adalah agar si R1 mengenal area yang tadinya tidak menempel, yaitu Area3.


R2

routing ospf virtual-link add neighbor-id=3.3.3.3 transit-area=Area2

R3

routing ospf virtual-link add neighbor-id=2.2.2.2 transit-area=Area2 *

*transit-area adalah area yang berhadapan dengan router yang satu jalur menuju ke Area0


Setelah itu, cobalah untuk mengecek tabel routing di router 1.

Boom!! muncul kan? Anoo.....jangan lupa untuk diping, Onii-chan!




7 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page