top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Simple Queue With PCQ

Pernahkah kita berfikir bagaimana cara untuk membagikan bandwith internet 5Mbps kita secara merata di antara 20 pengguna di jaringan internet kita sedemikian rupa sehingga kecepatan internet orang lain tidak terganggu? Jika ya, mungkin artikel kali ini bisa membantu. Dalam kasus ini, kita akan membahas tentang cara membagi bandwidth secara merata di antara pengguna yang terhubung yaitu dengan menggunakan Mikrotik PCQ. PCQ Mikrotik yang merupakan singkatan dari per connection classifier, adalah fitur OS router yang memungkinkan seseorang untuk secara dinamis mengantri pengguna yang terhubung dengan menetapkan batas maksimum untuk setiap pengguna. Menggunakan parameter yang ditentukan oleh administrator selama konfigurasi mikrotik pcq, router akan memastikan bahwa setiap koneksi yang ditetapkan terbatas pada kecepatan koneksi yang telah ditetapkan. Ketika dikonfigurasi dengan benar, PCQ memastikan bahwa pengguna yang menggunakan download manager seperti idm atau torrent bit tidak menggunakan seluruh bandwidth yang tersedia sementara pengguna lain terganggu. Secara garis besar algoritma dari PCQ akan membagi setiap koneksi kedalam beberapa 'Sub-Stream'. Untuk membedakan antara satu 'sub-stream' dengan yang lain, PCQ menyesuaikan dengan parameter 'PCQ-Classifier' yang dipilih. Ada beberapa opsi dari 'PCQ-Classifier' yang dapat kita setting, antara lain: Dst-Address, Src-Address, Dst-Port, Src-Port. Secara default nilai dari Dst/Src Address Mask (IPv4) adalah /32, sedangkan Dst/Src Address6 Mask (IPv6) adalah /128. Dengan kata lain bahwa PCQ Classifier akan melihat per Single IP Address dari Dst/Src Address sebuah paket untuk membuat 'Sub-Stream'-nya.













Misal, apabila ada 100 client yang upload maka PCQ akan membentuk 100 Sub-Stream. Hal ini karena PCQ Classifier melihat ada Src-Address dari 100 client yang berbeda.


Nah, kita masuk ke labnya…


Sebelum masuk ke labnya, pastikan router kita telah terhubung ke internet dan telah menjadi AP.


PCQ FOR DOWNLOAD

kita buka menu Queue > Queue Types, dan tambahkan yang baru. Berikan nama PCQ_Download agar kita mudah membedakannya, gantilah Kind-nya menjadi pcq.

Centang Classifier-nya bagian Dst. Address.Di kolom Src dan Dst Address Mask saya menggunakan prefix /32 dan /128, masih ingat materinya diatas?


PCQ FOR UPLOAD

Tambahkan Queue Type yang baru.


Untuk di bagian PCQ for upload, gantilah Namanya menjadi PCQ_Upload, ganti Kind-nya juga menjadi pcq, untuk Rate bisa mengikuti PCQ for Download, yaitu 0, untuk Classifier-nya centang bagian Src. Address. Prefix juga bisa disamakan dengan PCQ download.


Nah setelah PCQ Upload dan Download sudah selesai, masuklah ke menu Simple Queues, dan tekan tambah. Untuk target, terserah kalian, tapi disini saya akan menargetkan semua klien yang terhubung ke router ini.


Selanjutnya, kita masuk ke menu Advanced, dan gantilah kedua Queue Type menjadi tadi PCQ yang telah kita buat.


4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page