top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Tunneling GRE

GRE (Generic Routing Encapsulation) adalah sebuah tunnelling protocol yang sebenarnya dikembangkan oleh Cisco System. Dengan menggunakan protokol ini kita dapat melakukan enkapsulasi berbagai protokol yang dibuat untuk kebutuhan link virtual point-to point.

 

Kita masuk ke labnya...


Di lab ini, kita cukup memerlukan 3 router (1 router diubah image-nya menjadi Net) dan 2 PC

Setelah itu, lakukan:

  1. Memberi identitas pada tiap router yang sesuai

  2. Memberi IP untuk router di tiap interface-nya, kecuali untuk router yang diubah image-nya, untuk konfigurasi ada di step bawah*.

  3. Memberi IP dan gateway untuk tiap PC

*Konfigurasinya bisa dilihat di bawah ini

(Setelah kalian masuk ke "ip dhcp-server setup", kalian tinggal tekan enter, setelah itu, kalian harus menyesuaikan urutan tulisan yang berwarna putih.)

Nah, sekarang kita masuk ke labnya.


ROUTER 1

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. Menambahkan interface server tunneling GRE dengan sesuai, "interface gre add name=GRE_Server local-address=200.200.200.61 remote-address=200.200.200.62". cara untuk mengetahui local address router server EoIP, yaitu dengan "ip dhcp-client print"

ROUTER 2

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. Menambahkan interface server tunneling GRE dengan sesuai, "interface gre add name=GRE_Cient local-address=200.200.200.62 remote-address=200.200.200.61" cara untuk mengetahui local address router server EoIP, yaitu dengan "ip dhcp-client print"


Setelah selesai melakukan tunnelingnya, sekarang tambahkan IP address untuk kedua interface GRE tadi yang telah kita buat, yaitu GRE_Server dan GRE_Client


ROUTER 1

= GRE Server -> 1.1.1.1 (tanpa prefix)


ROUTER 2

= GRE Client -> 2.2.2.2 (tanpa prefix)


setelah itu, cobalah lakukan traceroute, dan juga ping.

12 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page