top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Tunneling IP-IP

Salah satu alternatif tunnel selain menggunakan EoIP adalah dengan menggunakan IPIP. Implementasi IPIP di mikrotik berdasarkan RFC2003. Protokol IPIP berkerja dengan mengenkapsulasi paket data dari satu IP ke IP lain untuk membentuk network tunnel. Berbeda dengan EoIP yang hanya bisa digunakan untuk router yang sama - sama MikroTik, IPIP dapat berjalan hampir di semua jenis router selama router tersebut mendukung protokol IP-IP.


kelemahan dari IP-IP adalah tidak dapat di bridge

 

Ok, kita masuk ke labnya...


Di lab ini, kita cukup memerlukan 3 router (1 router diubah image-nya menjadi Net) dan 2 PC

Setelah itu, lakukan:

  1. Memberi identitas pada tiap router yang sesuai

  2. Memberi IP untuk router di tiap interface-nya, kecuali untuk router yang diubah image-nya, untuk konfigurasi ada di step bawah*.

  3. Memberi IP dan gateway untuk tiap PC

*Konfigurasinya bisa dilihat di bawah ini

(Setelah kalian masuk ke "ip dhcp-server setup", kalian tinggal tekan enter, setelah itu, kalian harus menyesuaikan urutan tulisan yang berwarna putih.)


Nah, sekarang kita masuk ke labnya.


ROUTER 1

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. Menambahkan interface server tunneling IP-IP dengan sesuai, "interface ipip add name=IPIP_Server local-address=200.200.200.61 remote-address=200.200.200.62". cara untuk mengetahui local address router server EoIP, yaitu dengan "ip dhcp-client print"

ROUTER 2

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. Menambahkan interface server tunneling GRE dengan sesuai, "interface ipip add name=IPIP_Cient local-address=200.200.200.62 remote-address=200.200.200.61" cara untuk mengetahui local address router server EoIP, yaitu dengan "ip dhcp-client print"


Selanjutnya, setting IP Address untuk kedua interface tunnel pada kedua router.


ROUTER 1

= IPIP_Server: 1.1.1.1 (tanpa prefix)


ROUTER 2

= IPIP_Client: 2.2.2.2 (tanpa prefix)


6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page