top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Tunneling PPPoE

Updated: Dec 6, 2020

PPPoE adalah sebuah protocol jaringan untuk melakukan enkapsulasi frame Point-to-Point Protocol(PPP) di dalam paket Ethernet, biasanya dipakai untuk jasa layanan ADSL untuk menghubungkan modem ADSL di dalam jaringan Metro Ethernet. PPPoE seperti Point-to-Point, di mana harus ada satu point ke satu point lagi.

 

Ok, sekarang kita masuk ke labnya...


Di lab ini, cukup kita memerlukan 3 router (1 diubah image-nya menjadi Net, diibaratkan server/internet), dan 2 PC.

Setelah itu, lakukan:

  1. Memberi identitas pada tiap router yang sesuai

  2. Memberi IP untuk router di tiap interface-nya, kecuali untuk router yang diubah image-nya, untuk konfigurasi ada di step bawah*.

  3. Memberi IP dan gateway untuk tiap PC

*Konfigurasinya bisa dilihat di bawah ini

(Setelah kalian masuk ke "ip dhcp-server setup", kalian tinggal tekan enter, setelah itu, kalian harus menyesuaikan urutan tulisan yang berwarna putih.)


Lalu, kita masuk ke konfigurasi PPPoE, lihat urutan dibawah:


ROUTER 1

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. Menambahkan interface PPPoE Server dengan sesuai, "interface pppoe-server server add service-name=layanan1 interface=ether1 disabled=no"

  3. Menambahkan secret autentikasi klien "ppp secrets add service=pppoe name=Shiina password=shiro local-address=1.1.1.1 remote-address=2.2.2.2 disabled=no"

ROUTER 2

  1. Menambahkan DHCP Client, "ip dhcp-client add interface=ether2". Pastikan interface DHCP klien apakah sudah terhubung secara otomatis sebelum kalian menambahkan DHCP client.

  2. menambahkan interface PPPoE Client dengan sesuai, "interface pppoe-client interface=ether1 service=layanan1 user=Shiina password=shiro disabled=no'


Setelah itu, lakukanlah routing static


ROUTER 1

=> destinasi= 192.168.2.0/24, gateway= 2.2.2.2


ROUTER 2

=> destinasi= 192.168.1.0/24, gateway=1.1.1.1

9 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page