top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

User Login Management

User management sangatlah penting di perusahaan IT. Biasanya agar mencegah seseorang yang bukan ahli dalam bidang ini tidak sembarangan mengotak-atik router yang nanti bisa berujung fatal dalam suatu perusahaan, dan fungsinya sebagai keamanan MikroTik.


Disini kita akan mempelajari user management dalam mikrotik. Pertama-tama kita akan menuju System > Users, disana akan ditampilkan beberapa user yang dapat mengakses router.


Apabila kita menekan tombol Add (+), kita bisa menambahkan user baru dengan password. Di bagian group kita perlu mengetahui ada 3 pilihan, yaitu Full, Read, dan Write. Masing-masih memiliki bagian-bagian yang boleh diubah dan tidak bisa diubah dalam settingan router, kecuali group Full.


Berikut fungsi-fungsi User Group:

1. Full

Group ini dapat berfungsi untuk membuat seluruh konfigurasi pada MikroTik, baik itu membuat user login baru, ip address, firewall dan lain sebagainya, itulah kenapa di beri nama group Full.

2. Write

Fungsi dari group ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan group full hanya saja fungsi group ini memiliki batasan yang tidak bisa di lakukan, yakni menambahkan user login baru dan mereset konfigurasi pada MikroTik.

3. Read

Fungsi group ini hanya dapat melihat seluruh isi konfigurasi pada MikroTik, namun sama sekali tidak dapat melakukan konfigurasi, sesuai dengan namanya, yaitu read yang hanya dapat membaca.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Bình luận


bottom of page