top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Apa Yang Saya Dapatkan di SMK IDN Boarding School Jonggol?

Perkenalkan nama saya Firdaus Yudha Sakti, saya adalah siswa dari SMK IDN Boarding School Jonggol jurusan Teknik Komputer Jaringan. Saya sudah berada di IDN selama 2 tahun dari kelas 10. Sebelum saya memberitahu pelajaran berharga yang di dapat di IDN Boarding School, saya akan menjelaskan kondisi saya sebelum masuk ke dunia IT, sekolah IDN. Sebelumnya, saya orang yang tidak tahu tentang networking dalam dunia Internet. Setelah mempelajari tentang dunia networking, alias jaringan di IDN, saya semakin tahu tentang dunia jaringan industri di luar sana.


Kita lanjut membahas tentang pelajaran berharga yang saya dapatkan selama berada di SMK IDN Boarding School. Saya akan memulai dari kelas 10 TKJ A. Selama saya berada di 10 TKJ A, di awal masuk kami tidak langsung bertatap muka, alias online karena COVID. Sejak awal belajar di IDN melalui dunia maya, kami diberikan jadwal yang mungkin padat. Kami di awal semester kelas 10 harus memasuki KBM dari jam 7.30 pagi hingga jam 10 malam yang membuat saya cukup kelelahan, tapi dibandingkan dengan dunia luar, ini masih belum seberapa. Kami harus mengatur jadwal dengan benar, dan dari situlah saya melatih kedisiplinan diri.


Hingga semester 2 tiba, kami diperbolehkan para ustadz untuk melakukan tatap muka, masuk ke dalam lingkungan IDN. Di awal masuk, cukup mengejutkan karena dibandingkan dengan pondok saya yang dulu (MBS Boarding School), pondok ini memiliki fasilitas yang lebih banyak dalam segi sekolah, maupun keasramaan. Di awal-awal, asrama masih belum dipasang AC. Dengan suhu udara yang mirip dengan sekolahku dulu, aku mungkin sudah terbiasa dengan panasnya siang, yang membedakan ranjangku terarah dengan kipas angin, jadi lebih sejuk. Jadi, aku lebih mensyukuri atas fasilitas yang aku dapatkan saat aku masuk sini, tidak luput dari fasilitas kelas menggunakan TV dan ber-AC.


Pertengahan hingga akhir-akhir semester 2 kelas 10 TKJ. Banyak perkembangan pesat yang terjadi dalam diri sendiri, lebih terupgrade. Misalnya, aku sudah mengetahui apa itu jaringan, IP address, subnet, dan sebagainya. Tidak hanya itu, saya juga mengetahui apa itu router, switch, hub, firewall, dan perangkat jaringan lainnya. Waktu di semester 1 dan 2, aku juga banyak mengajari teman-temanku yang bertanya tentang jaringan, sebuah poin plus untuk diri saya, yaitu perkembangan pesat karena cocok untuk berada di dunia jaringan. Di akhir kelas 10, saya mendapatkan prestasi yang sangat baik, dan juga mendapatkan sertifikat siswa terbaik di kelas.


Semester 3 dan 4, kelas 11 TKJ A. Masih berada di kelas dengan huruf yang sama, tapi dengan level yang berbeda. Kelas 11 merupakan tingkat yang sangat sulit dibandingkan dengan kelas 10 tahun lalu. Karena di kelas 11 kami harus melakukan program wajib sekolah, yaitu magang. Kami terus ditekan di kelas 11 untuk menjadi lebih dewasa dan harus berkembang. Atas semua tugas-tugas berat yang telah kami lalui di kelas 11 seperti membuat buku, blog, video, dan sebagainya. Saya berhasil melalui itu semua dan lebih dewasa atas sesuatu.


5 views0 comments

Recent Posts

See All

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan cara kerja internet, kita harus mengetahui sejarah internet dibentuk. Internet berawal pada tahun...

Comentários


bottom of page