top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan cara kerja internet, kita harus mengetahui sejarah internet dibentuk. Internet berawal pada tahun 1969 dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. Jadi, pada waktu itu internet belum untuk umum, hanya untuk departemen pertahanan saja. Ngomong-ngomong, apa sih ARPA? ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dan project yang kita kenal dengan ‘Internet’ tersebut adalah ARPANET pada waktu itu.


Tentang ARPA. ARPA adalah singkatan dari Advanced Research Project Agency. Sedangkan ARPANET, adalah singkatan dari Advanced Research Project Agency Network, yakni Internet pada waktu itu yang hanya ada di Departemen Pertahanan AS. Proyek tersebut mendapatkan hasil temuan tentang bagaimana perangkat lunak (software) komputer yang berbasis UNIX dapat berpadu padan dengan perangkat keras (hardware). Sehingga, para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal tersebut dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon. Padahal, pada awalnya hanya akan digunakan untuk kepentingan militer saja. Mulai dari sini proyek ARPANET mulai berkembang.


Pada tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan kepada masyarakat, atau yang kita saat ini tahu dengan istilah DNS (Domain Name System). Fungsi dari DNS adalah untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer. You all know, DNS lebih mudahnya adalah sebuah sistem yang mengubah URL website ke dalam bentuk IP address. Tanpa DNS, kita harus mengetikkan IP address secara lengkap ketika ingin mengunjungi sebuah website. Demikian penjelasan tentang sejarah DNS.


Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet semakin berkembang dengan sangat pesat, Internet yang kita kenal sekarang. Di dalam Internet itu terdapat lalu lalang traffic, packet skala internasional. Jadi demikian tidak terjadi hanya di AS saja. Hingga sekarang kita bisa merasakan kemajuan Internet. Di Indonesia internet disalurkan melalui beberapa ISP, seperti Telkomsel, Biznet, dan lain-lain.


Internet adalah sebuah jaringan elektronik terbesar di dunia. Dengan internet seluruh manusia di dunia bisa terhubung. Cara kerja Internet adalah dengan memanfaatkan alamat IP yang menjadi penghubung antara server-server di seluruh dunia. Internet bekerja sangat cepat karena didukung oleh satelit yang memancarkan gelombang internet ke seluruh dunia. Setiap server yang ada di dunia ditandai oleh alamat IP yang berbeda-beda. Alamat IP server inilah yang menjadi penggerak dan penghubung antar pengguna internet.


Demikian adalah beberapa penjelasan tentang sejarah internet dan cara internet bekerja di dunia ini.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page