top of page

BELAJAR NETWORK BERSAMA

Static Route with Load Balancing

Ok, setelah kita melakan Static Routing Part 1, dan Part 2, kita masuk ke lab berikutnya, yaitu Load Balancing


Metode load balancing adalah sebuah konsep yang berfungsi untuk menyeimbangkan beban bandwidth dari dua ISP atau lebih sehingga koneksi internet dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu perangkat yang mendukung konsep load balancing adalah router Mikrotik. Mekanismenya yaitu mikrotik akan menandai paket yang ingin mengakses internet, lalu menyetarakan beban pada kedua ISP dan akan memilih jalur ISP mana yang akan dilewatinya.

 

Kita masuk ke labnya


Disini, kita akan menggunakan 3 router, 1 PC, dan 1 internet.


Setelah itu, lakukan:

  1. Pemberian identitas per angka yang sesuai

  2. Penambahan IP di setiap interface pada tiap router, kecuali untuk kedua ether2 pada router 2 dan 3. Karena mereka terhubung ke internet, maka seharusnya kita memberikan IP DHCP klien untuk kedua router tersebut. Sebelum itu, kita harus mengecek terlebih dahulu apabila kedua ether2 sudah otomatis terhubung dengan dhcp klien, caranya tinggal mengetikkan "ip dhcp-client print". Apabila sudah ada "bound", berarti kita tidak perlu untuk menambahkan DHCP klien. Dan, apabila belum ada, untuk perintah menambahkan DHCP-Client, ketiklah "ip dhcp-client add interface=ether2" di router yang terhbung dengan internet, yaitu router 2 dan 3.

  3. Penambahan IP address dan gateway untuk PC

setelah semuanya selesai, maka kita masuk ke bagian routingnya.


ROUTER 1

kita hanya memerlukan satu static routing saja di Router 1, tetapi sedikit berbeda dengan static routing biasa, karena di router ini, kita akan memasukkan 2 gateway dalam satu konfigurasi static routing.


untuk perintahnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Kenapa tujuannya 0.0.0.0/0? Karena, kita menuju ke internet, yang nantinya akan bertemu dengan banyak IP yang berbeda dan mungkin berbeda kelas, dan juga sangat keungkinan akan bertemu dengan DHCP. Oleh karena itu, kita menggunakan 0.0.0.0/0 karena nantinya kita dapat terhubung ke internet.


Setelah selesai, cobalah PC 1 untuk melakukan ping ke DNS Google, yaitu 8.8.8.8.

11 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page